kelanitjrblog
Blog Khusus Seputar Ilmu Pengetahuan Dan Teknologi

10 Tembok Paling Bersejarah di Dunia

Perjalanan sejarah banyak meninggalkan kenangan, rekam jejak atau situs yang masih berdiri hingga saat ini. Tembok dapat merupakan sisa-sisa reruntuhan masa lalu dan juga sebagai tugu peringatan atas kejadian pada masa lalu yang berpengaruh pada peradaban di masa kini. Berikut ini adalah 10 tembok yang paling bersejarah dan selalu dikenang orang.

Tembok Paling Bersejarah di Dunia

10. Tembok Green Monster – Boston, AS

Green Monster adalah tembok yang pernah hancur karena kebakaran yang terjadi di Fenway Park, Boston, Amerika Serikat. Tembok setinggi 10 meter yang dibangun 1934 kembali di bangun dan restorasi bukan dengan beton maupun semen tetapi dengan dilapisi kertas, untuk menciptakan kesan kuno dan mengenang kejadian masa lalu yang mengerikan itu.

Green Monster, Fenway Park-Boston. Salah satu tembok paling bersejarah di dunia.

9. Tembok Santa Maria delle Grazie – Italia

Santa Maria delle Grazie adalah sebuah tembok didalam sebuah gereja di Italia yang mana diletakan lukisan fenomenal Leonardo da Vinci “Perjamuan Terakhir”. Tembok Santa Maria delle Grazie merupakan prasasti tembok paling bersejarah di dunia, karena di masa Perang Dunia II tahun 1943 gereja ini pernah di bom, beberapa bagian dinding selamat termasuk tembok dimana “Perjamuan Terakhir” berada.

Santa Maria delle Grazie. Salah satu tembok paling bersejarah di dunia.

8. Tembok Tzompantli – Meksiko

Tzompantli termasuk salah satu tembok yang paling bersejarah di dunia yang terbuat dari tengkorak-tengkorak manusia. Tembok Tzompantli awalnya adalah sebuah rak tempat penyimpanan tengkorak manusia dari korban persembahan suku Aztec dan hasil tawanan perang. Ada lebih dari 60.000 kepala disimpan di tembok ini. Tzompantli terletak di komplek Piramida Besar Tzompantli, kini tembok tersebut oleh pemerintah setempat sudah dipugar dengan bantuan plesteran agar tembok ini tetap terjaga sebagai peninggalan sejarah. Reruntuhan situs ini dapat anda kunjungi di Meksiko.

Tembok Tzompatli. Salah satu tembok paling bersejarah di dunia.

7. Tembok Medinet Habu – Mesir

Medinet Habu adalah komplek kuil peringatan atau komplek pemakaman yang diperuntukan bagi Ramses III. Tembok Medinet Habu mengelilingi kuil peringatan (Mortuary Kuil) dengan luas sekitar 7.000 meter persegi. Disepanjang tembok ini dihiasi dengan ukiran-ukiran atau relief sejarah dan beberapa diantaranya dihiasi ukiran Koptik. Hingga saat kini, masih dilakukan penggalian untuk menemukan reruntuhan bekas peradaban Mesir kuno ini. Tembok Medinet Habu terletak di bagian Tepi Barat dari Luxor di Mesir.

Medinet Habu. Salah satu tembok paling bersejarah di dunia.

6. Tembok Hadrian – Inggris

Tembok Hadrian dibangun di masa Kekaisaran Hadrianus dari Roma Kuno, Inggris, di tahun 753 SM hingga 476 M. Tembok Hadrian merupakan salah satu tembok paling bersejarah yang dibangun sebagai pertahanan militer atau mencerminkan kekuasaan Roma. Panjang tembok Hadrian terbentang sejauh 120 km merupakan salah satu situs warisan dunia yang ditetapkan UNESCO tahun 1987.

Tembok Hadrian. Salah satu tembok paling bersejarah di dunia.

5. Tembok Kremlin – Moskow

Tembok Kremlin di Moskow, Rusia sering disebut sebagai komplek benteng paling bersejarah di dunia sebagai simbol sejarah Rusia di abad ke 12. Di area benteng tembok Kremlin terdapat jenazah tokoh Rusia Stalin dan Brezhnev. Tembok Kremlin pada mulanya hanya dibangun dengan kayu sederhana dan sempat hancur oleh invasi tentara Mongol-Tartar tahun 1238 yang kemudian dibangun kembali oleh Knyaz Ivan Kalita. Tembok berwana merah bata ini berdiri sepanjang 1,4 mil dan masih kokoh berdiri selama lebih dari 700 tahun.

Tembok Kremlin adalah salah satu tembok paling bersejarah di dunia.

4. Tembok Berlin – Jerman

Tembok Berlin adalah tembok paling bersejarah yang syarat dengan kejadian atau peristiwa yang menarik perhatian dunia yang memisahkan antara Jerman Barat dengan Jerman Timur. Jerman Timur yang berideologi sosialis dibawah administrasi Uni Soviet sedangkan Jerman Barat menganut paham demokratis dibawah kendali AS, Inggis dan Prancis. Tembok Berlin dibangun oleh Republik Demokratik Jerman (Jerman Timur) di tahun 1961 dan berdiri selama 28 tahun, bertujuan untuk mengisolasi Jerman Barat dan mencegah migrasi/eksodus warga Jerman Timur ke Jerman Barat yang keadaan perekonomiannya lebih kondusif. Tembok Berlin tidak hanya membentang lurus tetapi juga mengelilingi Jerman Barat. Banyak warga Jerman Timur yang membelot dan mencoba kabur ke Jerman Barat dengan memanjat tembok namun usaha mereka gagal dan banyak yang tewas ditembak oleh penjaga. Tembok Berlin runtuh tanggal 3 Oktober 1990, yang sebelumnya ditahun 1989 terjadi perubahan politik dikawasan itu yang menandakan reunifikasi Jerman Barat dengan Jerman Timur.

Tembok Berlin adalah salah satu tembok paling bersejarah di dunia.

3. Tembok Memorial Veteran Vietnam – Washington, AS

Meskipun Tembok Memorial Veteran Vietnam bukanlah bangunan tua (dibangun 13 November 1982) namun tembok ini termasuk tembok paling bersejarah di dunia. Di sepanjang tembok ini tertera nama-nama anggota angkatan bersenjata Amerika Serikat yang ikut berjuang di Perang Vietnam dan sebagai tugu peringatan Perang Vietnam tahun 1955 hingga 1975. Amerika terlibat Perang Vietnam karena ingin mencegah berkembangnya paham komunis di Vietnam Utara. Tercatat sedikitnya 58.195 orang tentara Amerika yang tewas atau hilang di Perang Vietnam. Amerika mengalami kekalahan besar dalam menghadapi pasukan gerilyawan Vietnam.

Tembok Memorial Veteran Vietnam, salah satu tembok peling bersejarah di dunia.

2. Tembok Baja Gaza – Palestina

Inilah tembok yang mengandung unsur pelanggaran HAM terbesar di dunia dan paling bersejarah di dunia. Tembok Gaza dibangun oleh Israel secara intens sejak tahun 1994 dan selesai pada tahun 2005 yang memisahkan Jalur Gaza dan Mesir. Pembangunan tembok pemisah ini mengundang kecaman dari berbagai negara. Tembok Gaza dibangun dengan dalih untuk menjaga stabilitas dan mencegah terjadinya penyelundupan senjata, namun faktanya tembok Gaza telah mengisolasi warga Palestina khususnya di wilayah Jalur Gaza dengan dunia luar. Proyek tembok baja ini melibatkan 4 negara: Amerika, Israel, Perancis dan Mesir dengan kepentingannya masing-masing. Pemerintahan Obama menggelontorkan dana sebesar 50 juta Dollar untuk kepentingan spionase (kamera, alat penyadap, alat pengintai). Israel menghentikan suplai bahan makanan ke wilayah Gaza sehingga masyarakat Gaza di kota Rafah kini hidup dalam kesengsaraan, terpenjara dan hidup tidak layak. Telah banyak bantuan yang diperuntukan kepada masyarakat Gaza, seperti aksi Freedom Flotilla dengan menggunakan kapal Mavimarmara yang diblokade Israel hingga akhirnya diserang oleh militer Israel.

Tembok Gaza adalah salah satu tembok paling bersejarah di dunia.

1. Tembok Besar – Cina

Tembok Besar – Cina adalah tembok yang paling bersejarah di dunia. Tembok Besar Cina dibangun pada abad ke-15 SM yang dibangun dengan tujuan melindungi perbatasan utara Kekaisaran Cina dari para penyusup Xiongnu. Tembok sejauh 8.851 km dari Shanhaiguan (provinsi Hebei) di bagian timur hingga ke Lop Nur (danau di Ugyur Xinjiang) di bagian barat. Tembok Besar Cina telah mengalami perbaikan dan perbaikan guna mempertahankan berdirinya Tembok Besar Cina, Perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah RRC agar wisatawan dapat menikmati situs warisan dunia ini.

Tembok Besar Cina adalah tembok paling bersejarah di dunia.

  • Artikel ditulis oleh Esti , pada 3 November 2011

Reff: http://top10.web.id/sejarah/top-10-tembok-paling-bersejarah-di-dunia

Belum Ada Tanggapan to “10 Tembok Paling Bersejarah di Dunia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: